PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “PUTRA DHAMMA” SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA

Penulis

  • Deny Sigit Irawan Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra
  • Parsiyono Parsiyono Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra
  • Setyaningsih Setyaningsih Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v11i1.8

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Agama Buddha, Media, Game Buddhis, Pendidikan Agama Buddha, Sekolah Menengah Pertama, Game Edukasi Buddhis, Guru Agama Buddha

Abstrak

Penelitian  ini  dilatarbelakangi masih  minimnya media  pembelajaran yang digunakan  dalam  pendidikan  agama  Buddha  dan  budi  pekerti dalam  bidang informasi dan teknologi di SMP Negeri 1 Getasan, serta belum dikembangkannya media  pembelajaran  yang  berbentuk  game  edukasi  ”PUTRA  DHAMMA” pada  mata  pelajaran  pendidikan  agama Buddha.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengembangkan game edukasi ”Putra Dhamma” dan mengetahui kelayakan serta tanggapan siswa terhadap pengembangan game edukasi “Putra Dhamma” sebagai media pendukung pembelajaran Pendidikan Agama Buddha untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Getasan.

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  pengembangan  atau  Research  and Development  (R&D) dengan  menggunakan model  PPE (Planning,  Production, Evaluation). Tahapan dalam pengembangan game edukasi “PUTRA DHAMMA” ini meliputi tiga tahap yaitu: (1) planning atau tahap perancangan; (2) production atau tahap produksi; dan (3) evaluation atau tahap evaluasi. Pada tahap evaluation dilakukan validasi terhadap game edukasi “PUTRA DHAMMA” oleh ahli media dan  ahli  materi,  serta  guru  pendidikan  agama  Buddha.  Game  edukasi  “PUTRA DHAMMA”  diujicobakan  kepada  siswa  kelas  VII  dan  VIII  SMP  Negeri  1 Getasan yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui  wawancara,  observasi,  dan  angket.  Data  yang  diperoleh  dari  angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  tingkat  kelayakan  Game  edukasi “PUTRA  DHAMMA”  sebagai  media  pendukung  pembelajaran  berdasarkan kelayakan  adalah  sebagai  berikut:  (a)  penilaian  kelayakan  ahli  media mendapatkan rata-rata skor 4,50 dengan persentase kelayakan 89% dalam kategori sangat layak; (b) penilaian kelayakan  ahli materi memperoleh rata-rata skor 3,79 dengan  persentase  kelayakan  76%  dalam  kategori  layak;  (c)  penilaian  kelayakan oleh  praktisi  memperoleh rata-rata skor 4,62  dengan persentase  kelayakan  93% dalam  kategori  sangat  layak.  Hasil  penilaian  dari  siswa  pada  game edukasi “PUTRA  DHAMMA” dikatakan  sangat layak dengan rata-rata  skor  4,56 dengan persentase  kelayakan  91%. Dengan  demikian  game edukasi  “PUTRA DHAMMA”  ini sangat layak  untuk  digunakan  sebagai  media  pendukung pembelajaran pendidikan agama Buddha kelas VII di SMP Negeri 1 Getasan.

Referensi

Eko Susanto. (2009). 60 Games Untuk Mengajar Pembuka dan Penutup Kelas. Yogyakarta: Lumbung Kita.

Eko Putro Widoyoko. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahman, Masykur Arif. (2013). Kesalahan-Kesalahan Guru Saat Mengajar. Jogjakarta: Laksana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Bandung: Alfabeta.

Sadiman. dkk. (2012). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ghea Putri Fatma Dwi. (2012). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash. Skripsi. Yogyakarta: FT UNY. Diakses melalui: http://eprints.uny.ac.id/8844/1/SKRIPSI.pdf pada tanggal 04 Oktober 2016 pukul 01.30 WIB.

Romi Satrio Wahono. (2006). Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. Diakses melalui: http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria-penilaian-media-pembelajaran/ pada tanggal 16 Februari 2017 pukul 03.04 WIB.

Diterbitkan

2018-02-09

Cara Mengutip

Irawan, D. S., Parsiyono, P., & Setyaningsih, S. (2018). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “PUTRA DHAMMA” SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA. Jurnal Pencerahan, 11(1), 18–35. https://doi.org/10.58762/jupen.v11i1.8

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.