PENGEMBANGAN LAGU BUDDHIS ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA KELAS V

  • Yushua Adi Putra Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra
  • Wilis Rengganiasih Endah Ekowati Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra
  • Parsiyono Parsiyono Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Lagu Buddhis Anak-anak, Sekolah Dasar, Pendidikan Agama Buddha, Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti, Pendidikan Buddhis, ADDIE

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat lagu Buddhis anak-anak dan mengetahui proses pembuatannya sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha jenjang Sekolah Dasar kelas V. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan rincian proses: 1) analysis meliputi: studi pendahuluan, analisis kebutuhan, analisis materi; 2) design meliputi: pembuatan lirik lagu dan pembuatan gambaran desain awal sampul album); 3) development meliputi: pembuatan musik, pembuatan desain sampul album dan perbaikan produk berdasarkan saran dari pembimbing dan para ahli. Persentase dari ahli materi adalah 89,05% yang menunjukkan bahwa materi yang terdapat pada produk sangat layak untuk diterapkan pada siswa. Persentase oleh ahli musik adalah 76,5% yang berarti bahwa produk yang dikembangkan layak untuk menjadi media pembelajaran; 4) Implementation meliputi: uji coba produk secara terbatas kepada guru dan siswa. Hasil uji coba kepada guru menunjukkan persentase 86,87% dengan kriteria sangat layak dan hasil uji coba dari siswa menunjukkan persentase 90% dengan kriteria sangat layak; dan  5) Evaluation meliputi: penilaian terhadap produk setelah uji coba.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Referensi

Ely. (2000). Pembelajaran dan Media Lagu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Latuheru, Jhon D. (1988). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Masa Kini. Jakarta: Deplikbudmason R.

Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pujimin dan Suyatno. (2017). Pendidikan Agama Buddha dan Budi Kelas V Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta Bandung.

Widyastuti dan Nurhidayanti. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Jawa. Universitas Negeri Yogyakarta: Program Studi Bahasa Jawa.

Mashudi, Toha dkk. (2007). Pembelajaran di SD. Diakses Kamis, 21 November 2019, pukul 21.30 WIB dari http://masguruonline.wordpress.com/2013/05/20/ karakteristik – umum pembelajaran di sekolah dasar/

Diterbitkan
2021-02-27

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##