PERANAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BUDDHIS DI KECAMATAN GETASAN

Penulis

  • Edi Santoso Sekolah Tinggi Agama buddha Syailendra, Semarang
  • Suranto Suranto Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang
  • Sukhitta Dewi Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v14i1.51

Kata Kunci:

Peranan Guru, Pembelajaran, Pendidikan, PAUD, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Buddhis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru dalam upaya meningkatkan pembelajaran PAUD Buddhis di Kecamatan Getasan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualiatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara langsung dan semi tersetruktur, dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan pengamatan langsung. Wawancara dilakukan secara mendalam dengan informan. Dokumentasi dilakukan dengan memotret gambar yang berhubungan dengan penelitian peran guru dalam meningkatkan pembelajaran PAUD Buddhis di Kecamatan Getasan. Analisis menggunakan model dari Miles dan Huberman. Hasil dari peranan guru dalam upaya meningkatkan pembelajaran PAUD Buddhis di Kecamatan Getasan sebagai berikut: (1) Guru PAUD Buddhis di Kecamatan Getasan telah mampu meningkatkan pembelajaran dengan baik, dengan cara menguasai empat kemampuan guru, mampu memerankan diri sebagai guru dengan baik, dan mampu mengendalikan kelas ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung; (2) Upaya yang dilakukan oleh guru  PAUD Buddhis di Kecamatan Getasan telah mampu mengendalikan suasana kelas dan mampu mengatasi kendala dengan cukup baik. yaitu guru selalu mampu menarik perhatian siswa ketika siswa sudah mengalami kebosanan melalui pemberian ice breaking dan penggunaan media pembelajaran yang menarik.

Referensi

Nur Cholimah. (2008). Implementasi Program Pembelajaran PAUD. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Oemar Hamalik. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Angkasa.

Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumiati, Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2021-02-27

Cara Mengutip

Santoso, E., Suranto, S., & Dewi, S. (2021). PERANAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BUDDHIS DI KECAMATAN GETASAN. Jurnal Pencerahan, 14(1), 61–69. https://doi.org/10.58762/jupen.v14i1.51

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.