DEVELOPMENT OF BUDDHIST SONG AND MOVES AS LEARNING MEDIA FOR CHARACTER EDUCATION BASED ON 2013 CURRICULUM

PENGEMBANGAN GERAK DAN LAGU BUDDHIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KURIKULUM 2013

Penulis

  • Wiwik Widayanti Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang, Indonesia
  • Setyaningsih Setyaningsih SMA N 1 Magelang
  • Wilis Rengganiasih Endah Ekowati Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v12i1.29

Kata Kunci:

Buddhist Song and Moves, Character Education Learning Media, and 2013 Curriculum., Gerak Lagu Buddhis, Media Pembelajaran Pendidikan Karakter, dan Kurikulum 2013, SD, Pendidikan Agama Buddha, Media Pendidikan Karakter, Kurikulum 2013, Sekolah Dasar, Media Pembelajaran Buddhis, Gerak Lagu Buddhis

Abstrak

This study aims to determine the process of making Buddhist song and moves as character education learning media based on the 2013 Curriculum for students of Kenteng 1 Elementary School Susukan Sub district, Semarang Regency. This type of research is Research and Development (RnD) level 4. The techniques for collecting data used observation, questionnaires, interviews, and documentation. The credibility of the data used is qualitative and quantitative methods. The data analysis technique used a combination of Exploratory Sequential Mixed Methods. Based on the research and discussion that had been carried out, the process of making moves and song based on 2013 Curriculum consisted of several stages as follows: (a) analyze, the teacher needed student-centered learning media and which contains character values. This need was followed up so as to produce two Buddhist song and moves products. (b) design, the steps taken include the creation of musical instruments and song lyrics; development of moves; recorded music, vocals, and moves. (c) develop, products that were developed contained character values ​​such as obedience to worship, tolerance, caring, confidence, responsibility, discipline, and concentration. (d) implement, the product was tested on the first and second grade students, as many as nine students. (e) evaluate, improvements that needed to be considered were musical arrangements and expressions of the performer and song. The end result is the Buddhist song and moves with the title "Namaskhara" and "Learning Mudra" tested in the form of videos on DVD.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan gerak dan lagu Buddhis sebagai media pembelajaran pendidikan karakter berbasis Kurikulum 2013 bagi siswa SD Negeri Kenteng 1 Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) level 4. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Kredibilitas data yang digunakan yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Adapun teknik analisis data yang menggunakan metode kombinasi tipe Exploratory Sequential Mixed Methods. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka proses pembuatan gerak dan lagu berbasis Kurikulum 2013 terdiri dari beberapa tahap sebagai berikut: (a) analyze, guru membutuhkan media pembelajaran yang berpusat pada siswa dan mengandung nilai karakter. Kebutuhan ini ditindaklanjuti sehingga menghasilkan dua produk gerak dan lagu Buddhis. (b) design, langkah-langkah yang dilakukan meliputi penciptaan instrumen musik dan lirik lagu; pengembangan gerak; rekaman musik, vokal, dan gerak. (c) develop, produk yang dikembangkan mengandung nilai karakter seperti ketaatan beribadah, toleransi, peduli, percaya diri, tanggung jawab, disiplin, dan konsentrasi. (d) implement, produk diujicobakan kepada siswa kelas satu dan dua yang berjumlah sembilan anak. (e) evaluate, perbaikan yang perlu diperhatikan yaitu aransemen musik dan ekspresi pelaku gerak dan lagu. Hasil akhirnya adalah gerak dan lagu Buddhis dengan judul “Namaskhara” dan “Belajar Mudra” teruji berbentuk video dalam DVD.

Referensi

Bilfaqih, Yusuf. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish. Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Dewantara, Ki Hajar. (1994). Bagian I Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa. Fuji Astuti. (2016). Pengetahuan dan Teknik Menata Tari untuk Anak Usia. Jakarta: Dini Kencana. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Dasar (SD) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti. Jakarta. Mulyasa, Enco. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya. Ñānamoli. (2001). Khuddakapātha Kitab Suci Agama Buddha.Diterjemahkan oleh Lanny Anggawati dan Wena Cintiawati. Klaten: VihāraBodhivaṁsa. Ñānamoli & Bodhi. (2004). Majjhima Nikāya Kitab Suci Agama Buddha.Diterjemahkan oleh Lanny Anggawati dan Wena Cintiawati. Klaten: Vihāra Bodhivaṁsa. Nurul Zuhriah. (2008). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti. Jakarta: PT Bumi Aksara. Ratna Megawangi. (2007). Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, Cet. II. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation. Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak; Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Membangun Jatidiri. Jakarta: PT Bumi Aksara. Sri Anitah. (2012). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta. Tim Penyusun Kamus Bahasa Indonesia. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.Undang-Undang No. 20Tahun (2003), Tentang Sistem Pendidikan Nasional Sisdiknas. Yogyakarta: Media Wacana Press. Ai Sutini. (2012). Pembelajaran Tari bagi Anak Usia Dini. https://www.neliti.com/publications/240607/pembelajaran-tari-bagi-anak-usia-dini. Diakses tanggal 18 Januari 2019 pukul 16.50 WIB. Akhmad Sudrajad. (2008). Pengertian, Fungsi, dan Jenis Media Pembelajaran. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/12/konsep-media-pembelajaran/. 1 Juni 2018 (17.47 WIB). Fitriana Aenun. (2017). “Upaya Meningkatkan Penguasaan Iregular Verbs dengan Menggunakan Media Lagu Bagi Peserta Didik Kelas VIII Mumtaz MtsN Model Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016”, Jurnal Pendidikan Empirisme: Desember 2017, Sang Surya Media Vol. VI, Edisi 23. Diunduh di https://books.google.co.id/books?id=QpWDDwAAQBAJ.

Diterbitkan

2019-02-28

Cara Mengutip

Widayanti, W., Setyaningsih, S., & Endah Ekowati, W. R. (2019). DEVELOPMENT OF BUDDHIST SONG AND MOVES AS LEARNING MEDIA FOR CHARACTER EDUCATION BASED ON 2013 CURRICULUM: PENGEMBANGAN GERAK DAN LAGU BUDDHIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KURIKULUM 2013. Jurnal Pencerahan, 12(1), 13–35. https://doi.org/10.58762/jupen.v12i1.29

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.