DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA BASED ON GOOGLE SITES WEBSITES FOR SCHOOL SUBJECTS OF BUDDHISM AND MORALS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL CLASS VIII DURING IN THE PANDEMIC

Penulis

  • Dwi Listyo Syailendra Buddhist College, Semarang, Indonesia
  • Sukodoyo Sukodoyo Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang, Indonesia http://orcid.org/0000-0003-3342-3790
  • Waluyo Waluyo STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v15i1.65

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Website Google Sites, Sekolah Menengah Pertama, SMP, Pendidikan Agama Buddha, Masa Pandemi

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembuatan website google sites hingga menghasilkan sebuah media pembelajaran daring yang akan membantu kegiatan pembelajaran PAB-BP pada jenjang SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan pendekatan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Kredibilitas data dinilai dengan transferability (terpercaya), dependability (kenyataan), confirmability (kesesuaian), dan validitas logis. Teknik analisis data yang digunakan untuk data kualitatif adalah reduksi, penyajian, serta pengambilan kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis dengan teori deskriptif persentase. Hasil validasi produk yaitu dari ahli materi mendapatkan persentase kelayakan sebesar 91,1% dan dari ahli media google sites mendapatkan persentase kelayakan sebesar 71,8%. Hasil uji coba pengguna yaitu guru PAB-BP dan lima siswa kelas VIII yang beragama Buddha di SMP N 2 Susukan juga memberikan tanggapan yang baik terhadap produk yang dikembangkan. Guru PAB-BP menyampaikan bahwa produk media pembelajaran berbasis google sites sangat efektif. Beberapa siswa juga memberikan tanggapan positif, bahwa media pembelajaran ini cukup menarik dan lebih interaktif.

Referensi

Arief, R. (2017). Aplikasi Presensi Siswa Online Menggunakan Google Forms, Sheet, Sites, Awesome Table dan Gmail. Surabaya: Sntekpan V, Itats. Arindra Evandian Bhagaskara, Aulia Kaffah Firdausi, dan Mochammad Syaifuddin. (2021). Penerapan Media Webquest Berbasis Google Sites dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di MI Bilingual Roudlotul Jannah Sidoarjo. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya. Dilla Safira Adzkiya dan Maman Suryaman. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang. Doby Putro Parlindungan, Galang Pakarti Mahardika, & Dita Yulinar. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta. Fitri Maulita. (2021). Efektivitas Penerapan Metode Pemberian Tugas Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SD Negeri Cilibur 02 Kabupaten Brebes. Purwokerto: IAIN Purwokerto. Irzha Nur Islamiah. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mtsn 4 Jombang. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya. Ñāṇamoli & Bodhi. 1995. The Middle Length Discourses of the Buddha. Jakarta Barat:Dhamma Citta Press. Nyoto Kurniawan dan Ridwan Sanjaya. (2010). Website Praktis dengan Google Sites. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. (2014). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Rifqi, Moh. Rahman. (2019). Pengembangan Web-Based Assessment Untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Hikmah Surabaya. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Sugiyono (1). (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta. Sugiyono (2). (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta. Sukodoyo, S. (2018). Teachers Love as a Predictor of Buddhist Students Moral Action in Central Java.Jurnal Cakrawala Pendidikan,37(1). Teguh Aryanto. (2020). Pengembangan Website pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Aplikasi CMS Wordpress. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Tito Tri Kadafi. (2021). Integrasi Google Art and Culture dan Google Sites sebagai Media Pembelajaran Widyawisata pada Pembelajaran Penulisan Puisi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Yusfita Yusuf. (2020). Media Pembelajaran. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Diterbitkan

2022-02-28

Cara Mengutip

Listyo, D., Sukodoyo, S., & Waluyo, W. (2022). DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA BASED ON GOOGLE SITES WEBSITES FOR SCHOOL SUBJECTS OF BUDDHISM AND MORALS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL CLASS VIII DURING IN THE PANDEMIC. Jurnal Pencerahan, 15(1), 7–24. https://doi.org/10.58762/jupen.v15i1.65

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.