LAYANAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT PROVINSI LAMPUNG

STUDI KASUS SISWA BERAGAMA BUDDHA DI SEKOLAH FORMAL

Penulis

  • Inung Kurnia Alim Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Srwijaya, Tangerang, Banten
  • Puji Sulani Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Srwijaya, Tangerang, Banten
  • Parjono Parjono Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Srwijaya, Tangerang, Banten

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v17i2.157

Kata Kunci:

Layanan Pendidikan, Siswa Buddhis, Pendidikan Agama Buddha

Abstrak

Studi kasus ini bertujuan untuk menganalisis layanan pendidikan agama Buddha di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung, khususnya bagi siswa yang tidak mendapatkan pelajaran Pendidikan Agama Buddha di sekolah formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi berbantuan pedoman pengumpulan data. Keabsahan data diperoleh melalui kriteria kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldaña, yang mencakup tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa beragama Buddha di Kabupaten Tulang Bawang Barat tergolong sedikit, dan hak mereka untuk mendapatkan layanan pendidikan agama Buddha belum terpenuhi secara maksimal. Selain itu, jumlah guru agama Buddha yang berkualifikasi sarjana di kabupaten ini hanya satu orang. Layanan pendidikan agama Buddha yang diterima siswa meliputi: mengikuti pelajaran agama Buddha dari guru beragama Buddha, mengikuti pelajaran agama lain namun mendapatkan materi agama Buddha dari guru kelas atau guru agama lain, dan tidak mendapatkan layanan pendidikan agama Buddha sama sekali. Beberapa pihak telah berupaya mencari solusi dengan melakukan pelatihan dan pembinaan untuk guru agama Buddha dan pengelola Sekolah Minggu Buddha, mencari guru agama Buddha baru, serta menyediakan materi dari Vihara dengan buku yang ada. Selain itu, koordinasi dengan guru agama Buddha dan penyampaian kendala melalui rapat wali murid juga dilakukan.

Referensi

Agustin, R., Saiban, K., & Hazin, M. (2022). Problematika Pendidikan Agama Islam di Daerah Minoritas Muslim. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(02), 153–160. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i02.1027

Ana, A. S., Harsan, T., & Fatimah, S. (2023). Efektivitas Akses Layanan Pendidikan Melalui Program Indonesia Pintar Peserta Didik Generasi Z. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.400

Ayuningtyas, I. (2021). Ketimpangan Akses Pendidikan di Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 117–129. https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2128

Bodhi. (2015). Anguttara Nikaya: Khotbah-Khotbah Numerikal Sang Buddha (Indra Anggara) (N. Joko & N. Tendean, Eds.). Dhammacitta Press. (Original work published 2012). https://pustaka.dhammacitta.org/ebook/theravada/Anguttara%20Nikaya%20Jilid%202.pdf

Budiman. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Minimnya Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar 56 Kelurahan Soop Distrik Kepulauan Kota Sorong. Jurnal Fase Kemajuan Sosial Dan Politik: Faksi, 2(2).

Dewi, S. R. (2017). Penyelenggaraan Dharmaclass bagi Siswa yang tidak Mendapatkan Pendidikan Agama Buddha di Cetiya Dharma Dvipa, Legok, Tangerang. (Thesis). Tangerang: Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten

Fiandi, Y. U., Sudirman, S., & Marzuki, M. (2021). Kualitas Layanan Pendidikan di Smk Muhammadiyah Braja Selabah Lampung Timur. POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.24127/poace.v1i2.1189

Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal EduTech, 2(1), 53–64. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/575/pdf_14

Hayadin, O. H. (2017). Layanan Pendidikan Agama Sesuai Agama Siswa di Sekolah. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 15(1), 13–31. https://media.neliti.com/media/publications/294395-layanan-pendidikan-agama-sesuai-agama-si-21de903f.pdf

Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jariyah, S., Sujarwo, A., & Rusdiani, A. (2023). Manajemen Mutu Layanan Pendidikan Di Sma Negri 2 Bandar Lampung. Unisan Jurnal.

Kuruwop, A., Mus, S., & Irmawati. (2021). Analisis Kebutuhan Tenaga Pendidik Sekolah Dasar di Kecamatan Mimika Baru Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran. https://eprints.unm.ac.id/27266/1/ARTIKEL%20AGUSTA%20KURUWOP.pdf

Loen, H. S. Z., Azahra, S. A. S., Yulianti, H., Fatimah, N. O., Sari, P. I., Azizah, I. N., Putri, A. T. R., & Martono, N. (2024). Kemiskinan, Pendidikan, Dan Akses Layanan Kesehatan Di Indonesia. Jurnal Education and Development, 12(2), 35–45. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v12i2.5650

Marita, Y. (2023). Mutu Layanan Pendidikan Di Smkn Spp Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Unisan Jurnal.

MAULANA, B. (2019). Pemenuhan Hak Warga Negara Oleh Negara (Studi Akses Pendidikan Kepercayaan Bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Penghayat Kerokhanian Sapta Darma Cabang Surabaya). Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 7(1), 196–210.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.

Moh Rosyid. (2023). Hak Pendidikan Agama Lokal: Studi Pada Komunitas Samin Di Kudus Jawa Tengah. Nalar: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 9–12. https://doi.org/10.56444/nalar.v2i1.382

Republik Indonesia. (2010). Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah. https://peraturan.bpk.go.id/Details/130781/peraturan-menag-no-16-tahun-2010

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fadilah, N., Azhar, N., Oktavini, D., & Munte, A. C. (2022). Upaya Pemerataan Pendidikan Berkelanjutan Di Daerah 3t. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(2).

Setiawan, R., Nama, G. F., & Muhammad, M. A. (2016). Sistem Informasi Geografis Layanan Pendidikan Kota Bandar Lampung. Electrician, 10(3).

Simarmata, L. R., & Khoirunurrofik. (2024). Peranan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Akses Layanan Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Journal Publicuho, 7(1). https://doi.org/10.35817/publicuho.v7i1.343

Sinabutar, M. J., Ramadhani, T., & Pasaribu, W. (2022). Akses Layanan Pendidikan: Ekspresi Keberagaman Anak-anak Penghayat Kepercayaan Komunitas Orang Lom. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1651. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2671

Sofanudin, A. (2019). Kebijakan Kementerian Agama Dalam Pelayanan Pendidikan Agama Kelompok Minoritas. Penamas, 32(1), 491–708. https://doi.org/https://doi.org/10.31330/penamas.v32i1.284

Sugianto. (2016). Pengelolaan Pendidikan Keagamaan Buddha dengan Model Intensive Class (Studi di Sekolah Minggu Buddha Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya). Vijjacariya: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Buddhis, 3(1), 45–75. https://www.journal.stabn-sriwijaya.ac.id/index.php/vjpb/article/view/361

Sukodoyo, S. (2018). Teachers Love as a Predictor of Buddhist Students Moral Action in Central Java. Cakrawala Pendidikan, (1), 227877. https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.17855

Sukodoyo, S., Widiyono, W., Medhacitto, T. S., & Setyaningsih, S. (2024). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Buddha di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Semarang. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 8(2), 239–253. https://doi.org/10.37329/jpah.v8i2.2966

Sulani, P., Amiro, T., Mulyana, & Murdianto, Y. (2018b). Penyelenggaraan Pendidikan Agama Buddha pada Lembaga Keagamaan Buddha di Kabupaten Tangerang Bagian Utara.

Sulani, P., Sukarno, S., Muawanah, & Susandy, V. K. E. (2018a). Peran Lembaga Keagamaan Buddha Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan dalam Pelayanan Pendidikan Agama Buddha. Pelita Dharma, 4(1), 69–84. http://www.publikasi-p3m.stabn-sriwijaya

Walshe, M. (1995). The Long Discourses of the Buddha, A Translation of the Digha Nikaya. Wisdom Publication. http://lirs.ru/lib/sutra/Long_Discourses_of_the_Buddha(Digha_Nikaya).Walshe.pdf

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Alim, I. K., Sulani, P., & Parjono, P. (2024). LAYANAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT PROVINSI LAMPUNG: STUDI KASUS SISWA BERAGAMA BUDDHA DI SEKOLAH FORMAL. Jurnal Pencerahan, 17(2), 52–62. https://doi.org/10.58762/jupen.v17i2.157

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.