DEVELOPMENT OF GAMES OF MORAL STORIES (GMS) BOOK BASED ON BOROBUDUR RELIEF FOR BUDDHIST SUNDAY SCHOOL STUDENTS AT ELEMENTARY SCHOOL

Penulis

  • Asamurti Suryaningratri Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra
  • Nandiya Ayuvadhana Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra
  • Citta Ariya Puja Setia Wati Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra
  • Suranto Suranto Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v15i1.71

Kata Kunci:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Buku Games of Moral Stories, Sekolah Minggu Buddha, Relief Jataka, Pendidikan, Borobudur

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Buku Games of Moral Stories berbasis relief Borobudur dan mengetahui efektivitas buku kepada anak Sekolah Minggu Buddha jenjang Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya buku Games of Moral Stories berbasis Relief Borobudur untuk siswa Sekolah Minggu Buddha Jenjang Sekolah Dasar. Buku Games of Moral Stories mendapat hasil validasi ahli materi 80% dan ahli media 86%. Berdasar pada hasil penilaian ahli, buku Games of Moral Stories layak sebagai media pembelajaran siswa SMB khususnya jenjang SD.

Referensi

Sehati, S., Sukodoyo, S., & Waluyo, W. (2020). Development of Pop-Up Book Theory Dalhadhamma Jātaka as Lesson Media Early Childhood Education Programs.Jurnal Pencerahan,13(2), 1-17. Sukodoyo, S. (2018). Teachers Love as a Predictor of Buddhist Students Moral Action in Central Java.Jurnal Cakrawala Pendidikan,37(1). Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: ALFABETA. Susilo, Didik. (2016). Pengembangan Electronic Comic Book (ECOBO) Berbasis Cerita JātakaSebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha Pada Materi Kisah Persahabatan untuk Sekolah Dasar (SD) kelas II semester ganjil. Prosiding Penelitian Dosen, Jakarta: Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Buddha Kementrian Agama Republik Indonesia. Hal. 83-106

Diterbitkan

2022-02-28

Cara Mengutip

Suryaningratri, A., Ayuvadhana, N., Puja Setia Wati, C. A., & Suranto, S. (2022). DEVELOPMENT OF GAMES OF MORAL STORIES (GMS) BOOK BASED ON BOROBUDUR RELIEF FOR BUDDHIST SUNDAY SCHOOL STUDENTS AT ELEMENTARY SCHOOL. Jurnal Pencerahan, 15(1), 40–48. https://doi.org/10.58762/jupen.v15i1.71

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.