PENGEMBANGAN KARTU “HISTORICAL OF THE BUDDHA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI RIWAYAT BUDDHA GAUTAMA

Penulis

  • Dita Setiawan Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang
  • Waluyo Waluyo STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Indonesia
  • Parsiyono Parsiyono Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v14i1.56

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Buddhis, Kartu Historical of the Buddha, Sekolah Dasar, Pendidikan Agama Buddha, Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran berupa kartu dengan materi riwayat hidup Buddha. Media dibuat untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Dengan rincian proses: 1) analisis, meliputi: studi pendahuluan, analisis kebutuhan, analisis materi; 2) desain, meliputi: menentukan jenis kartu, membuat desain kartu, menentukan materi; 3) pengembangan, meliputi: pembuatan komponen kartu menggunakan aplikasi Corel Draw, menguji produk kepada ahli materi dan ahli media; 4) implementasi, meliputi: uji coba produk secara terbatas kepada siswa Sekolah Dasar; dan 5) evaluasi, meliputi: penilaian terhadap produk setelah uji coba. Produk yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Persentase dari ahli media adalah 70,83% yang menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran. Persentase oleh ahli materi adalah 86,11% yang berarti bahwa materi yang terdapat pada produk sangat layak untuk diterapkan pada siswa. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa kartu Historical of the Buddha dari segi materi dan media layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Referensi

Suharsimi Arikunto. (1995). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Hamzah B. Uno. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksana. Ilma Ihsan Majid. (2017). Penggunaan Permainan Kartu Gambar Pada Pembelajaran dengan Strategi Pemecahan Masalah Sistematis Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Aspek Kognitif Siswa SMA Kelas X. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Pujimin dan Suyatno. (2017). Pendidikan Agama Buddha dan Budi Kelas V Edisi Revisi.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Rusdi. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Depok: PT Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta. Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori & Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Diterbitkan

2021-02-27

Cara Mengutip

Setiawan, D., Waluyo, W., & Parsiyono, P. (2021). PENGEMBANGAN KARTU “HISTORICAL OF THE BUDDHA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI RIWAYAT BUDDHA GAUTAMA. Jurnal Pencerahan, 14(1), 35–49. https://doi.org/10.58762/jupen.v14i1.56

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.