POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK TEMPER TANTRUM DI TAMAN KANAK-KANAK VIDYA DHARMA

Penulis

  • Sri Wantini Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang, Indonesia
  • Wilis Rengganiasih Endah Ekowati Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra Semarang indonesia
  • Sukhitta Dewi Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra Semarang indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v14i1.49

Kata Kunci:

Pola Asuh, Temper Tantrum, Taman Kanak-Kanak, Pendidikan Buddhis, Pendidikan Anak Usia Dini Buddhis, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian Pola Asuh Orang Tua pada Anak Temper Tantrum di Taman Kanak-Kanak Vidya Dharma Deplongan ini bertujuan untuk mendeskripsikan  pola asuh orang tua, peran orang tua dan keluarga lainnya, dan sikap orang tua dalam menangani anak temper tantrum di Taman Kanak-Kanak Vidya Dharma Deplongan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan pengamatan langsung. Wawancara dilakukan secara mendalam dengan informan. Dokumentasi dilakukan dengan cara memotret gambar yang, dapat dijadikan bukti penelitian. Keabsahan data diukur dengan perpanjangan keterlibatan, peningkatan ketekunan dan kegigihan, triangulasi, dan member check.  Analisis data terkait pola asuh orang tua pada anak temper tantrum menggunakan model analisis dari Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini meliputi tiga hal, yaitu: (1) pola asuh orang tua pada anak temper tantrum di Taman Kanak-Kanak Vidya Dharma yaitu demokrasi, dan memanjakan; (2) peran orang tua dan anggota keluarga terdekat dalam proses mengasuh anak temper tantrum meliputi membimbing, mengajar, dan menuntun; (3) sikap orang tua dalam menghadapi anak yang mengalami temper tantrum yaitu memberi ruang, validasi perasaan anak, dan problem solving.

Referensi

King A, Laura. (2010). Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif Buku 1.Jakarta: Salemba Humanika. Bodhi. (2012). The Numerical Discourses of the Buddha (Anguttara Nikāya).Terjemahan Anggara Indra. DhammaCitta Press. Jakarta Barat. Dariyo Agoes. (2011). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: Refika Aditama. Edward, Drew, C. (2006). Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: PT. Mizan Utama. Hurlock B Elizabeth, (1996). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan. Jakarta: Erlangga. Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo. Silalahi, Ulber. (2012) Metode Penelitian Sosial Bandung: Refika Aditama. Tandry, Novita. (2010). Bad Behaviour, Tantrums, and Tempers. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Yatim dan Irwanto.(1991). Kepribadian, Keluarga, dan Narkotika: Tinjauan Sosial Psikologi. Jakarta: Arcan. Aditya Widya Putri. (2017). Memahamai Tantrum pada Anak. Artikel.Diakses Kamis,7 Maret 2019, pukul 12.30 WIBdarihttps://tirto.id/memahami-tantrum-pada-anak-cvHp.

Diterbitkan

2021-02-27

Cara Mengutip

Wantini, S., Ekowati, W. R. E., & Dewi, S. (2021). POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK TEMPER TANTRUM DI TAMAN KANAK-KANAK VIDYA DHARMA. Jurnal Pencerahan, 14(1), 50–60. https://doi.org/10.58762/jupen.v14i1.49

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.