PEMBENTUKAN BUDI PEKERTI DI TAMAN KANAK-KANAK VIDYA DHARMA KABUPATEN SEMARANG

Penulis

  • Veni Ratana Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra Semarang
  • Sukodoyo Sukodoyo Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-3342-3790
  • Sukhitta Dewi Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v13i1.46

Kata Kunci:

Budi Pekerti, Taman Kanak-kanak, Pendidikan Karakter, Pendidikan Karakter Buddhis, Tamak Kanak-Kanak, TK, Pendidikan Buddhis, PAUD, Pendidikan Agama Buddha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan budi pekerti di TK Vidya Dharma Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pengelola, kepala TK, anak didik, dan orang tua di TK Vidya Dharma. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan kamera atau alat perekam. Cara untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh melalui pengamatan terus-menerus, triangulasi, member check, transferability, dependability, dan confirmability. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Miles & Huberman yang meliputi pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion or verifying). Hasil penelitian ini meliputi tiga hal, yaitu: (1) bentuk-bentuk budi pekerti yang didapat oleh anak yaitu kerja sama, tanggung jawab, kesabaran, disiplin, sopan santun, mau berbagi, peduli kebersihan, dan mandiri; (2) cara menumbuhkan budi pekerti yang dilakukan oleh guru melalui teladan dan instruksi dari guru; (3) dampak dari pembentukan budi pekerti anak mampu menerapkan kerja sama, tanggung jawab, kesabaran, disiplin, sopan santun, mau berbagi, peduli kebersihan, dan mandiri di rumah maupun di lingkungan masyarakat.

Referensi

Bodhi. (2000). The Connected Discourse of The Buddha, a New Translation of The Saṁyutta Nikāya. Bostom: Wisdom Publications. Kountur, Ronny.(2005). Metode Penelitian. Jakarta: Penerbit PPM. Muchlas Samani, Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Narada.(2013). Sang Buddha dan Ajaran-nya. (Terjemahan Henry K.L dan Agus Wiyono). Jakarta: Yayasan Hadaya Vatthu. Nurul Zuhriah. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Diterbitkan

2020-02-29

Cara Mengutip

Ratana, V., Sukodoyo, S., & Dewi, S. (2020). PEMBENTUKAN BUDI PEKERTI DI TAMAN KANAK-KANAK VIDYA DHARMA KABUPATEN SEMARANG. Jurnal Pencerahan, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.58762/jupen.v13i1.46

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.