ANALISIS TENTANG RESPONS RADIKALISME SISWA BUDDHIS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN TEMANGGUNG

Penulis

  • Giri Metta Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra
  • Sukodoyo Sukodoyo Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-3342-3790
  • Kustiani Kustiani Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v13i1.37

Kata Kunci:

Analisis, Analisis tentang Radikalisme, Pendidikan Agama Buddha, Siswa Buddhis, Sekolah Menengah Pertama, SMP

Abstrak

Paham radikal pada masa ini telah menjadi suatu isu yang krusial yang perkembangannya cukup pesat. Penelitian tentang analisis radikalisme pada kalangan siswa Buddhis di Kabupaten Temanggung ini memiliki latar belakang tingginya tingkat efektifitas dunia pendidikan sebagi jalur penyebaran paham radikal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kondisi paham radikalisme di kalangan siswa Buddhis di Kabupaten Temanggung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif despkriptif. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa Buddhis di Kabupaten Temanggung yang berjumlah 250 orang. Sampel penelitian berjumlah 153 responden dari 6 sekolah yang ditentukan dengan simple random sampling. Instrumen pengumpulan yang digunakan adalah angket. Validitas angket tersebut dihitung dengan Bivariate Pearson dan uji reliabilitas dilakukan dengan Alpha Cronbach. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan respons radikalisme dari siswa Buddhis SMP di Kabupaten Temanggung berada pada kategori tinggi dengan 71,56%. Respons radikalisme dari siswa-siswa Buddhis tersebut muncul pada aspek kognitif, afektif, dan konatif. Aspek kognitif menunjukkan pemahaman yang tinggi terhadap paham radikalisme sebesar 54,8%. Sedangkan pada aspek afektif dan konatif menunjukkan sikap serta perilaku yang moderat terhadap paham radikal, namun terdapat juga eksistensi radikalisme pada aspek afektif sebesar 6% dan aspek konatif sebesar 2%.

Referensi

Bermawi Munthe. (2014). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Mandani. Bodhi. (2010). Khotbah-Khotbah Berkelompok Sang Buddha Buku 5 Mahāvagga. Jakarta Barat: Dhamma Citta Press. Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rodaskarya. Rangga Eka Saputra. (2018). Api dala Sekam: Keberagaman Generasi Z. Banten. Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tim penyusun kamus pusat bahasa. (2005).Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta. Welshe, Maurice. (1996). The Long Discourses of The Buddha a Translation of The Digha Nikaya.Boston: Wisdom Publication. Yusuf, A. Muri. (2007). Konseling Karier dalam Satuan Pendidikan dan Praktik Pribadi,(Makalah).scholar.google.co.id/scholar?lookup=0&q=MURI+YUSUF+2007&hl=id&as_sdt=0,5. Diakses pada tanggal 16 November 2018.

Diterbitkan

2020-02-29

Cara Mengutip

Metta, G., Sukodoyo, S., & Kustiani, K. (2020). ANALISIS TENTANG RESPONS RADIKALISME SISWA BUDDHIS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Jurnal Pencerahan, 13(1), 12–23. https://doi.org/10.58762/jupen.v13i1.37

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.