PARENTAL INVOLVEMENT IN BUDDHIST STUDENT LEARNING IN THE NEW NORMAL ERA

Penulis

  • Dippa Wulandari Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra Semarang
  • Parsiyono Parsiyono Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang
  • Sukhitta Dewi Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v16i01.135

Kata Kunci:

Era New Normal, Keterlibatan Orang Tua, Model Pembelajaran

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlibatan orang tua pada pembelajaran siswa Buddhis di era new normal, mendeskripsikan model pembelajaran yang telah diterapkan oleh orang tua, dan mendeskripsikan model pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan oleh orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripstif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari orang tua, siswa Buddhis, dan pendidik di SD Negeri Wates 01. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi sesuai dengan instrumen tiga teknik tersebut. Cara untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh melalui pengamatan terus menerus, triangulasi, member check, kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Peneliti menganalisis data yang diperoleh menggunakan metode Miles & Huberman. Hasil penelitian ini meliputi bentuk keterlibatan orang tua yaitu mendampingi anak belajar dan mengecek tugas anak yang telah dikerjakan saat mengikuti bimbingan belajar,, memperhatikan dan mendampingi anak saat belajar, menanyakan tugas anak, mengawasi dan mengingatkan anak untuk belajar. Model pembelajaran yang diterapkan oleh orang tua adalah model pembelajaran langsung, model pembelajaran bertanya, model pembelajaran inquiry, dan model discovery learning. Model pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan orang tua adalah model pembelajaran yang telah diterapkan ditambah dengan pengembangan sifat Mettā dan Karuņā supaya proses belajar anak dapat terlaksana sesuai dengan ajaran Buddha.

Referensi

Hamdayama. (2016). Metodologi Pengajaran. Diakses pada Rabu, 15 Desember 2021 pukul 15.37

WIB. https://serupa.id/model-pengajaran-pengertian-ciri-jenis-mcam-contoh/.

Irawan, E., Arif, S., Hakim, A. R., Fatmahanik, U., Fadly, W., Hadi, S., ... & Aini, S. (2020). Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi: Transformasi, Adaptasi, dan Metamorfosis Menyongsong New Normal. Zahir Publishing.

Walshe, Maurice. (2009). Khotbah-Khotbah Panjang Sang Buddha Dīgha Nikāya. Jakarta: Dhamma Citta.

Wantini, S., Ekowati, W. R. E., & Dewi, S. (2021). Parenting Foster Patterns on Temper Tantrum Children At Vidya Dharma Kindergarten. Jurnal Pencerahan, 14(1), 50-60.

Sukodoyo, S. (2018). Teachers Love as a Predictor of Buddhist Students Moral Action in Central Java. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37 (1) 15, 127-138. https://doi.org/10.21831/cp/v37i1.17855

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Wulandari, D., Parsiyono, P., & Dewi, S. (2023). PARENTAL INVOLVEMENT IN BUDDHIST STUDENT LEARNING IN THE NEW NORMAL ERA. Jurnal Pencerahan, 16(1), 36–42. https://doi.org/10.58762/jupen.v16i01.135

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>