DEVELOPMENT OF CHARACTER EDUCATION COMIC BOOKS REFERRING TO CARIYĀPITAKA FOR CLASS VII BUDDHIST EDUCATION

Penulis

  • Nanda Karuna STAB Syailendra
  • Suranto Suranto Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang
  • Parsiyono Parsiyono Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v16i2.126

Kata Kunci:

Pengembangan, Buku Komik, Pendidikan Karekter, Cariyāpitaka, Pendidikan Agama Buddha

Abstrak

Permasalahan yang sering muncul pada pembelajaran berupa kurangnya media pendukung dalam pelaksanaan pendidikan karakter di dalam kelas. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menghasilkan produk yang teruji berupa buku komik pendidikan karakter yang Mengacu Pada Cariyāpitaka; (2) Mengetahui kelayakan buku komik pendidikan karakter yang Mengacu Pada Cariyāpitaka yang dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kredibilitas data dinilai menggunakan teknik transferability, dependability, dan Confirmability. Teknik analisis data yang digunakan untuk data kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu berupa buku komik pendidikan karakter yang mengacu pada Cariyāpitaka yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Tingkat kelayakan tersebut ditunjukkan oleh hasil validasi dari ahli materi yang memberikan penilaian sebesar 90% yang artinya produk tersebut dalam kategori sangat baik, kemudian penilaian yang diberikan oleh ahli media 1 yaitu sebesar 83.3% dan dari ahli media 2 sebesar 86.6% dengan kategori sangat baik juga. Efektivitas dari produk yang dikembangkan yaitu sebesar 89,23% berdasarkan hasil penyebaran angket kepada peserta didik, sehingga produk yang dikembangkan dikategorikan sebagai sangat layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pendidikan karakter.

Referensi

Ayuvadhana, N., Widiyono, W., & Parsiyono, P. (2022). Pengembangan Buku Komik Berbasis Cerita Jātaka untuk Sekolah Minggu Buddha Jenjang SD. Jurnal Pencerahan, 15(2), 1-14. https://doi.org/10.58762/jupen.v15i02.101

Borg, W.R., & Gall, M.D. (1983). Educational research: An introduction. (4thed). New York & London: Longman.

Buddhadatta, A.P. (1955). Concise Pali-English Dictionary. Ceylon.

Jr, Robert E. Buswell (Ed). (2004). Encyclopedia of Buddhism. USA: Macmillan Reference.

Laksana, Dwi Sigit. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Education Technology The 21th Century. Jurnal Teknologi Pembelajaran, Vol. 1, No 1. Diakses pada 06 Juli 2023. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/jtep.

Lanmai, Stefen Res., dkk. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Visual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pelajaran IPS di Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 5, No. 11. Diakses pada 06 Juli 2023. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 18 Tahun 2016 tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan. Jakarta: Balai Sanggar PT Ditulis Namanya, Tbk.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pangestu, Widya Trio. (2014). Pengembangan Buku Ajar Berorientasi Pendidikan Karakter pada Mata Kuliah Pembelajaran PKN SD di Program Studi S1 PGSD. Jurnal Premiere Educandum, Volume 4 Nomor 1, Juni 2014, 104-118. Diakses pada 06 November 2022. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/311

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Tindakan). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukodoyo, S. (2018). Teachers Love as a Predictor of Buddhist Students Moral Action in Central Java. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37 (1) 15, 127-138. https://doi.org/10.21831/cp/v37i1.17855

Suwartini, Sri. 2018. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Soft Skill pada Siswa SD Kelas II. EDUCHILD Vol. 7 No. 2. Diakses pada 04 Desember 2022. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/viewFile/6520/5878

Vijjananda, Handaka (Ed). 2009. Suttapiṭaka Khuddakanikāya Cariyāpitaka. Medan: Indonesia Tipitaka Center.

Wahid, Abdul. 2001. Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Istiqra, Vol. 5, No. 2. Diakses pada 06 Juli 2023.

Diterbitkan

2023-11-29

Cara Mengutip

Karuna, N., Suranto, S., & Parsiyono, P. (2023). DEVELOPMENT OF CHARACTER EDUCATION COMIC BOOKS REFERRING TO CARIYĀPITAKA FOR CLASS VII BUDDHIST EDUCATION. Jurnal Pencerahan, 16(2), 65–75. https://doi.org/10.58762/jupen.v16i2.126

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>