PENGEMBANGAN LAMBANG-LAMBANG BUDDHIS UNTUK SEKOLAH MINGGU BUDDHA ADHICITTA

Penulis

  • Wahyu Fajar wfajar92@gmail.com
  • Parsiyono Parsiyono Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang, Indonesia
  • Sukhitta Dewi Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v14i2.62

Kata Kunci:

Media pembelajaran, Lambang-lambang Buddhis

Abstrak

Terbatasnya media pembelajaran yang memuat materi lambang-lambang Buddhis di Sekolah Minggu Buddha membuat kurangnya visualisasi anak terhadap materi tersebut. Salah satu alternatif adalah dengan menggunakan program pembuat aplikasi yang memanfaatkan Adobe Flash. Berdasarkan masalah tersebut maka dikembangkan sebuah media pembelajaran lambang- lambang Buddhis untuk Sekolah Minggu Buddha Adhicitta Desa Kenteng Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner serta dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan proses ADDIE untuk melihat tingkat validitas produk dan tahap pengembangannya serta menggunakan angket untuk keberhasilan media pembelajaran. Hasil validasi media pembelajaran lambang-lambang Buddhis menunjukkan 81,176 dari Ahli Materi dan hasil validasi dari ahli media menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan layak dengan rata-rata perolehan sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran lambang-lambang Buddhis dapat digunakan dalam pembelajaran Sekolah Minggu Buddha.

Referensi

Ariesto Hadi Sutopo. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensido.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 39 tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Buddha.

Rudi Susilana dan Cepi Riyana. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Sadiman Arief S., dkk. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan.Bandung: Alfabeta.

Sulan dan Nyoman Suria Darma. (2016). Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas I. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Diterbitkan

2021-11-27

Cara Mengutip

Fajar, W., Parsiyono, P., & Dewi, S. (2021). PENGEMBANGAN LAMBANG-LAMBANG BUDDHIS UNTUK SEKOLAH MINGGU BUDDHA ADHICITTA. Jurnal Pencerahan, 14(2), 37–53. https://doi.org/10.58762/jupen.v14i2.62

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.