PENGEMBANGAN VIDEO WAYANG JĀTAKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA ADI SEKHA SEKOLAH MINGGU BUDDHA ADHICITTA

Penulis

  • Gustriya Wijayanto Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra
  • Sukodoyo Sukodoyo Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang, Indonesia http://orcid.org/0000-0003-3342-3790
  • Wilis Rengganiasih Endah Ekowati

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v14i2.61

Kata Kunci:

Sekolah Minggu Buddha, Media Pembelajaran, Video Wayang Jātaka, Pendidikan Agama Buddha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan serta efektivitas video wayang Jātaka sebagai media pembelajaran siswa Adhi Sekha (PAUD) Sekolah Minggu Buddha Adhicitta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Kredibilitas data dinilai dengan transferability, dependability, confirmability, dan validitas logis. Teknik analisis data yang digunakan untuk data kualitatif adalah reduksi, penyajian, serta pengambilan kesimpulan. Sedangkan untuk data kuantitatif dianalisis dengan teori deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan produk dari para ahli, video wayang Jātaka mendapatkan persentase kelayakan sebesar 89% dari ahli materi dan 91,5% dari ahli wayang. Respon dari guru dan siswa SMB juga sangat baik ketika dilakukan uji coba lapangan. Dengan persentase tersebut maka dapat dikatakan bahwa media video wayang Jātaka layak digunakan sebagai media pembelajaran SMB jenjang PAUD di SMB Adhicitta.

Referensi

Ade Lia Saiputri. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Pada Materi Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan Siswa Kelas III SDN Ngadirejo 2 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Nusantara PGRI, Kediri. Diakses Selasa, 12 Januari 2021. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/7afbfa9636613858f34bc1cfc98ce1eb.pdfAggabalo. (Ed.). (2007). Dhammapada Atthakathā: Yamaka Vagga, Appamada Vagga, Citta Vagga. Jakarta: Perpustakaan Narada. Bayu Wibisana dan Nanik Herawati. (2018). Mengenal Wayang. Klaten: Intan Parawira. Harimurti K., F.X. Rahyono., Dwi P., Supriyanto W., & Darmoko. (2001). Wiwara: Pengantar Bahasa dan Kebudayaan Jawa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Diakses Sabtu, 4 Januari 2020. Hersa Zafira & Filia Prima Artharina. (2017). Pengembangan Wayang Tematik Pada Tema Indahnya Negeriku Sebagai Pendukung Scientific Approach Kelas IV Sekolah Dasar. Semarang. Jurnal.Universitas PGRI Semarang. Diakses Rabu, 25 Desember 2020. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/viewFile/1778/1144 Heru S. Sudjarwo, Sumari, & Undung Wiyono. (2010). Rupa & Karakter Wayang Purwa. Jakarta: Kakalangit Kencana. Ki Sigit Sapto Nugroho. (2020). Punakawan Penuntun Menuju Amar Ma’aruf Nahi Munkar.Klaten: Penerbit Lakeisha. Diakses Sabtu, 4 Januari2021. https://books.google.co.id/books?id=Bqr5DwAAQBAJ&pg=PA93&dq=Punakawan+Penuntun+Menuju+Amar+Ma%27ruf+Nahi+Munkar&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiesaqqroLuAhWSF3IKHV46BfwQ6AEwAHoECAEQAg#v=onepage&q=Punakawan%20Penuntun%20Menuju%20Amar%20Ma'ruf%20Nahi%20Munkar&f=falseMalalasekara, G.P. (Ed). (1996). Encyclopaedia of Buddhism Volume VI. Sri Lanka: Pemerintah Sri Lanka. Nizwardi Jalinus & Ambiyar. (2016). Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Diakses pada Sabtu 4 Januari 2020. https://books.google.co.id/books?id=wBVNDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Media+%26+Sumber+Pembelajaran&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiA68njr4LuAhXwwzgGHTTyBSoQ6AEwAHoECAQQAg#v=onepage&q=Media%20%26%20Sumber%20Pembelajaran&f=false Paulana Kelana (Ed). (2019). Sutta Piṭaka Khuddakanikāya: Jātaka Volume I. Terjemahan oleh Andayani. Medan: Indonesia Tipitaka Center (ITC). Seka Andrean. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Wayang Kartun Pada Pelajaran Tematik Kelas IV di SD/MI Bandar Lampung. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung. Diakses Selasa, 17 Desember 2020. http://repository.radenintan.ac.id/6808/1/SKRIPSI%20FIKS%20SEKA.pdf Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2021-11-27

Cara Mengutip

Wijayanto, G., Sukodoyo, S., & Endah Ekowati, W. R. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO WAYANG JĀTAKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA ADI SEKHA SEKOLAH MINGGU BUDDHA ADHICITTA. Jurnal Pencerahan, 14(2), 13–28. https://doi.org/10.58762/jupen.v14i2.61

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.