SELF-MANAGEMENT IN LEARNING FOR BUDDHIS SMA TUNAS DHARMA KARAWANG

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v16i01.136

Kata Kunci:

Manajemen Diri, Belajar, Peserta Didik Buddhis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang manajemen diri dalam belajar peserta didik Buddhis SMA Tunas Dharma Karawang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut diuji keabsahannya dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan member check. Analisis data berdasarkan model Miles dan Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan, serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen diri dalam belajar peserta didik Buddhis SMA Tunas Dharma Karawang pada tahap perencanaan belajar peserta didik menentukan tujuan dan merencanakan aktivitas strategi belajar yang hendak dilakukan, secara Buddhis ini termasuk dalam empat kekuatan batin (iddhipada) yaitu ketertarikan dan kepuasan dalam mengerjakan sesuatu yang menjadi faktor utama dalam diri peserta didik untuk mencapai hasil yang diinginkan secara maksimal (chanda). Usaha yang bersemangat untuk meraih keberhasilan dalam belajar (viriya). Pelaksanaan usaha untuk mencapai keberhasilan dengan tekun dan ulet dengan cara tidak meninggalkan dan menunda-nunda usaha yang sedang dilakukan (citta). Pelaksanaan belajar peserta didik memperhatikan materi pelajaran misalnya meringkas materi pelajaran, memberi tanda pada kalimat yang penting, mencari bantuan kepada guru dan teman untuk memahami materi (chanda dan viriya). Pada evaluasi belajar peserta didik melakukan evaluasi terhadap proses belajarnya dan merasa bahwa prestasi atau nilai jelek yang didapatkan disebabkan karena kurang maksimal dalam belajar (vimaṁsā).

 

Referensi

Dhammadhiro. (2005). Dhammapada. Jakarta: Sangha Theravada Indonesia.

Gie, The Liang. (2000). Cara Belajar yang Baik bagi Mahasiswa edisi kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Malalasekera. (1990). Encyclopaedia of Buddhism Volume 5. Sri Lanka: The Government of Sri Lanka.

Ñāṇamoli & Bodhi. (1995). The Middle Length Discourses of The Buddha: A New Translation Of The Buddha. Sri Lanka: Buddhist Publication Society.

Sukodoyo, S. (2018). Teachers Love as a Predictor of Buddhist Students Moral Action in Central Java. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37 (1) 15, 127-138. https://doi.org/10.21831/cp/v37i1.17855

Wardani, M., Widiyono, W., & Sukodoyo, S. (2021). Majjhima Sekha Students’ Interest in Participating

the Buddhist Sunday School Activities at Dhamma Putra Monastery. Jurnal Pencerahan, 14(1), 1-14. https://doi.org/10.58762/jupen.v14i1.50

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-27

Cara Mengutip

Nurcahya, M., Sukodoyo, S., & Kiryono, K. (2023). SELF-MANAGEMENT IN LEARNING FOR BUDDHIS SMA TUNAS DHARMA KARAWANG. Jurnal Pencerahan, 16(1), 9–18. https://doi.org/10.58762/jupen.v16i01.136

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.