THE DEVELOPMENT OF CARIYĀPIṬAKA-BASED DRAWING AND COLORING BOOKS FOR EARLY CHILDHOOD EDUCATION STUDENTS

Penulis

  • Panna Setiawan Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang
  • Widiyono Widiyono Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang, Indonesia
  • Parsiyono Parsiyono Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v16i2.128

Kata Kunci:

Pengembangan model ADDIE, Anak PAUD, Cariyāpiṭaka, Buku Menggambar dan Mewarnai

Abstrak

Penelitian tentang pengembangan buku Menggambar dan Mewarnai berbasis Cariyāpiṭaka sebagai bahan ajar peserta didik PAUD Tingkat B di TK Vidyananda dan Vidya Dhamma dilakukan karena masih sedikitnya sumber belajar bagi anak usia PAUD dan TK yang berbasis cerita Buddhis. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti merupakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Kredibilitas data dinilai dengan transferability, dependability, dan confirmability. Teknik analisis data yang digunakan untuk data kualitatif adalah reduksi, penyajian, serta pengambilan kesimpulan. Sedangkan untuk data kuantitatif dianalisis dengan teori deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian kelayakan dari para ahli, buku Menggambar dan Mewarnai berbasis Cariyāpiṭaka mendapat persentase kelayakan sebesar 86,1% dari ahli materi, 85,62% dari ahli media, dan 89,95% untuk efektifitas. Selain itu respons peserta didik sangat antusias adanya buku menggambar dan mewarnai berbasis Cariyāpiṭaka. Berdasarkan hasil persentase penilaian respons dari subjek uji coba, dapat dikatakan bahwa buku Menggambar dan Mewarnai berbasis Cariyāpiṭaka sangat layak sebagai bahan ajar peserta didik PAUD Tingkat B di TK Vidyananda dan Vidya Dharma. Pesan moral yang terdapat pada cerita (1) Ruru Raja Rusa, Rusa yang bijak ini memiliki pesan moral tidak mengingkari janji, (2) Raja Banteng yang bijak ini memiliki pesan moral melatih kesabaran.

Referensi

Laili, Rizqi Nur. (2012). Pengaruh Latihan 9 Motorik Halus Terhadap Keterampilan Mewarnai Bagi Anak Kelompok A di TK Aisyiyah 17 Surabaya. UNESA.

Listyo, D., Sukodoyo, S., & Waluyo, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Google Sitesuntuk Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Smp Kelas VIII pada Masa Pandemi. Jurnal Pencerahan,15(1), 7-24. https://doi.org/10.58762/jupen.v15i1.65 Mahmudah, Nurul. (2017). Pengembangan Buku Panduan Menggambar dan Mewarnai Ragam Hias dengan Teknik Gradasi pada Peserta didik Kelas V SDN Kajar 01 Pati. Murti, Daru Anggara Murti & Sri Puji Astuti. (2022). Perancangan Buku Menggambar dan Mewarnai Bertema Batik Sebagai Media Pembelajaran Batik untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal PENA Vol. 36 Edisi Khusus Unikal. Diambil 04 Desember 2022.Paud Admin. (2016). Memahami Pendidikan Anak Usia Dini. http://paud.kemdikbud.go.id/2016/03/30/memahami-pendidikan-anak-usia-dini/. (diakses pada 30 November 2022).

Paud Jateng. (2015). Pengertian Pembelajaran Seni Anak Usia Dini (PAUD). https://www.paud.id/pengertian-pembelajaran-seni-anak-usia-dini/. (diakses pada 30 November 2022). Purnama, I., Sukodoyo, S., & Waluyo, W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar LembarKerja Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha Kelas IVSekolah Dasar. Jurnal Pencerahan, 15(2), 15-32. https://doi.org/10.58762/jupen.v15i02.110.

Ratana, V., Sukodoyo, S., & Dewi, S.(2020). The Establishment of Ethics in the Kindergarten of Vidya Dharma in Semarang District. Jurnal Pencerahan,13(1), 1-11. https://doi.org/10.58762/jupen.v13i1.46. Sehati, S., Sukodoyo, S., & Waluyo, W. (2020). Development of Pop-Up Book Theory Dalhadhamma Jātaka as Lesson Media Early Childhood Education Programs.Jurnal Pencerahan,13(2), 1-17. https://doi.org/10.58762/jupen.v13i2.47.

Sugiyono.(2015a).Metodepenelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung(ID): Alfabeta 29.

Sugiyono.(2015b).Metodepenelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung(ID): Alfabeta 387.

Sukodoyo, S. (2018). Teachers Love as a Predictor of Buddhist Students Moral Action in Central Java. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37 (1)15, 127-138.https://doi.org/10.21831/cp/v37i1.17855.

Vijjananda, Handaka (Ed). (2009). Suttapiṭaka Khuddakanikāya Cariyāpitaka.Medan: Indonesia Tipitaka Center. Wijayanto, G., Sukodoyo, S., & Endah Ekowati, W. (2021). Development Of Jātaka Puppet Videos As Learning Media For Adi Sekha Students At Adhicitta Buddhist Sunday School.Jurnal Pencerahan,14(2), 13-28. https://doi.org/10.58762/jupen.v14i2.61

Diterbitkan

2023-11-29

Cara Mengutip

Setiawan, P., Widiyono, W., & Parsiyono, P. (2023). THE DEVELOPMENT OF CARIYĀPIṬAKA-BASED DRAWING AND COLORING BOOKS FOR EARLY CHILDHOOD EDUCATION STUDENTS. Jurnal Pencerahan, 16(2), 76–84. https://doi.org/10.58762/jupen.v16i2.128

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>