LEARNING PATTERNS OF THE CHARACTER EDUCATION IN VIDYA DHARMA BUDDHIST KINDERGARTEN

Penulis

  • Beta Widina Sati Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra
  • Sukhitta Dewi Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang
  • Kiryono Kiryono Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v16i2.127

Kata Kunci:

Pola Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Taman Kanak-kanak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran pendidikan karakter dan pola pembelajaran pendidikan karakter di TK Buddhis Vidya Dharma. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.  Subjek dalam penelitian ini adalah guru di TK Buddhis Vidya Dharma dan orang tua siswa sebagai data tambahan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data hasil penelitian diuji kembali menggunakan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Peran guru dalam pembelajaran pendidikan karakter yaitu proses guru dalam mengajar anak agar memiliki karakter yang baik. Guru juga menjelaskan dan memberikan pemahaman kepada anak tentang perilaku baik yang harus dilakukan seperti mengajarkan anak baris-berbaris sebelum masuk kelas, membimbing anak dalam belajar menulis dan mewarnai, melatih anak untuk selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar maupun makan, dan mengajarkan anak untuk selalu berbagi kepada anak dan saling tolong menolong. Pola pembelajaran pendidikan karakter di TK Buddhis Vidya Dharma yaitu cara guru mengajar dan merancang pembelajaran. Guru mengajarkan hal-hal baik salah satunya tentang kemandirian dan sopan santun seperti mengajarkan anak berkreativitas dengan membuat kincir angin selain itu guru juga mengajarkan untuk dapat membedakan sebuah gambar. Kegiatan pembelajaran tersebut tetap sesuai dengan tema dan mengacu tujuan pembelajaran.

Referensi

Hardini, Adelia& Suminar, Tri.(2018). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (Studi Kasus di Kelompok Bermain Pelangi Bangsa Pemalang). Jurnal UntirtaVol 3. no. 1, 10-16, http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i1.3511. Hidayat, U. S. (2019).Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Sunda. Bina Mulia Publishing. Hidayati, M. (2010). Meningkatkan Keterlibatan Berproses dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Teknik Ular Tangga. Dinamika Pendidikan, 5(2). doi:https://doi.org/10.15294/dp.v5i2.4927. Nugraheni, Ristyanti.(2013).Penerapan Pendidikan Karakter di TK Negeri 1 Maret Playen Gunungkidul Yogyakarta (Studi Deskriptif). Skripsi http://eprints.uny.ac.id/15171/1/SKRIPSI%20RISTYI.pdf. Purmono, Hendarti (2013).Peran Orangtua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/3994. Ratana, V., Sukodoyo, S., & Dewi, S. (2020). The Establishment of Ethics in the Kindergarten of Vidya Dharma in Semarang District. Jurnal Pencerahan,13(1),1-11.https://doi.org/10.58762/jupen.v13i1.46. Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo. Sehati, S., Sukodoyo, S., & Waluyo, W. (2020). Development of Pop-Up Book Theory Dalhadhamma Jātaka as Lesson Media Early Childhood Education Programs.Jurnal Pencerahan,13(2), 1-17. https://doi.org/10.58762/jupen.v13i2.47. Sugiyono.(2018). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta. Sukodoyo, S. (2018). Teachers Love as a Predictor of Buddhist Students Moral Action in Central Java. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37 (1)15, 127-138.https://doi.org/10.21831/cp/v37i1.17855. Susanti, Salamah Eka. (2022). Konsep Pendidikan Karakter dalam Pemikiran Thomas Lickona “Strategi Pembentukan Karakter Baik”. Jurnal Pendidikandan Sosial Budaya, 2 (5), 719-734. http://doi.org/10.58578/yasin.v2i5. Wresniwira, M.A. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter di TK Model Sleman Yogyakarta.Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,6(5), 507-519.

Diterbitkan

2023-11-29

Cara Mengutip

Sati, B. W., Dewi, S., & Kiryono, K. (2023). LEARNING PATTERNS OF THE CHARACTER EDUCATION IN VIDYA DHARMA BUDDHIST KINDERGARTEN. Jurnal Pencerahan, 16(2), 57–64. https://doi.org/10.58762/jupen.v16i2.127

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.