THE DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS FOR STUDENT WORKSHEETS IN LEARNING BUDDHIST RELIGIOUS EDUCATION FOR GRADE IV ELEMENTARY SCHOOLS

Penulis

  • Ita Purnama Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra Semarang
  • Sukodoyo Sukodoyo Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra Semarang https://orcid.org/0000-0003-3342-3790
  • Waluyo Waluyo Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra Semarang

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v15i02.110

Kata Kunci:

Bahan Ajar, LKPD, Pendidikan Agama Buddha, Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti, Pendidikan Keagamaan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan LKPD pada pembelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan pendekatan Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate (ADDIE). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Kredibilitas data dinilai dengan transferability, dependability, confirmability, dan validitas logis. Teknik analisis data yang digunakan untuk data kualitatif adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan pengambilan keputusan serta verifikasi. Data kuantitatif dianalisis dengan teori deskriptif persentase. Berdasarkan penilaian dari ketiga ahli materi, LKPD memperoleh persentase 93,75% dengan kategori baik dan layak. Perolehan persentase rata-rata dari kedua ahli media sebesar 77,5% dengan kategori baik dan layak. Persentase rata-rata dari calon pengguna yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri Wates 01 sebesar 91,25% dengan kategori baik, sedangkan persentase dari peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Kenteng sebesar 88,77% yang menunjukkan masuk kategori baik. Perolehan persentase dari praktisi yang telah menggunakan LKPD PAB sebesar 91,25% dengan kategori baik dan layak.  Berdasarkan hasil uji validasi dan implementasi dari para ahli juga praktisi menunjukkan bahwa LKPD PAB layak digunakan sebagai bahan ajar.

Referensi

Andi Prastowo. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Dali S. Naga. (2003). Mencari Format Pendidikan Buddhis Abad 21. Jakarta: Buddha Gotama Society. Ina Magdalena, Nurfidia AZ Hari, Devina DH, dkk. (2021). Desain PembelajaranSekolah Dasar. Sukabumi: CV. Jejak. Kemdikbud. (2021). Buku Saku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona virus Disesase 2019 (Covid-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia diakses pada Sabtu, 25 Desember 2021 pukul 12.25 WIB dari https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/8b4ebf61f4035e5. Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset & Teknologi. (2021). SKB Empat Menteri: Kesehatan dan Keselamatan Warga Sekolah Jadi Prioritas Utama Nomor 815/sipres/A6/XII/2021 diakses pada Rabu, 15 Desember 2021 pukul 10.00 WIB dari https://spab.kemdikbud.go.id. Lia Hariski Rahmawati dan Siti Sri Wulandari. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTPKP di SMK Negeri 1 Jombang. Surabaya: Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran(JPAP) Volume 8, Nomor 3 diakses pada Jumat, 22 Juli 2022 pukul 21.00 WIB dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8445. Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : PT. Remaja Rosda karyaSlamet Widodo. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu SosialVolume 26, Nomor 2 diakses pada Senin 13 Desember 2021 pukul 10.00 WIB dari https://ejournal.upi.edu/indek.php/jpis. Sugiyono, M. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA. Sugiyono, P.D. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: ALFABETA. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian danPengembangan(Research andDevelopment). Bandung: ALFABETA. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan(Research and Development). Bandung: ALFABETA. Sukodoyo, S. (2018). Teachers Love as a Predictor of Buddhist Students Moral Action in Central Java. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37 (1)

Diterbitkan

2022-11-28

Cara Mengutip

Purnama, I., Sukodoyo, S., & Waluyo, W. (2022). THE DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS FOR STUDENT WORKSHEETS IN LEARNING BUDDHIST RELIGIOUS EDUCATION FOR GRADE IV ELEMENTARY SCHOOLS. Jurnal Pencerahan, 15(2), 15–32. https://doi.org/10.58762/jupen.v15i02.110

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.