THE EFFECTIVENESS OF JĀTAKA PUPPET LEARNING MEDIA ON THE LEARNING INTEREST OF BUDDHIST DHAMMA METTA KALISAT SUNDAY SCHOOL STUDENTS.

Penulis

  • Tabah Wisnu Wibowo Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra
  • Widiyono Widiyono Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra https://orcid.org/0000-0001-8160-2676
  • Sukhitta Dewi Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v16i01.104

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Wayang Jātaka, Minat Belajar Siswa, Sekolah Minggu Buddha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran wayang Jātaka terhadap minat belajar siswa sekolah minggu Buddha Dhamma Metta Kalisat. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian yang menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, dengan berpedoman dengan lembar observasi dan pedoman wawancara. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Sekolah Minggu Buddha Dhamma Metta Kalisat pada jenjang Taman Kanak Kanak Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa selama penggunaan media pembelajaran wayang jātaka mengalami peningkatan. Terbukti dengan hasil yang dilakukan sebelum penggunaan media wayang jātaka, minat siswa adalah 16 poin atau 40%. Setelah penggunaan media, maka minat belajar siswa pada prasiklus 24 poin dengan persentase 60%, pada siklus 1 mendapatkan 26 atau dalam bentuk persentase adalah 65%, dan pada siklus ke-2 mencapai 35 poin dan jumlah persentase 87,5%.  Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran wayang jātaka efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa Sekolah Minggu Buddha Dhamma Metta Kalisat.

Referensi

Ensiklopedia Dunia.(2021). Jātaka. Diakses 20 November 2021dari https://www.encyclopedia.com/literature-and-arts/literature-other-modern-languages/asian-literature/jataka. Fathurohman, Muhammad & Sulistyorini. (2018). Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: TERAS: hal 173. Listyo, D., Sukodoyo, S., & Waluyo, W. (2022). Development of Interactive Learning Media Based on Google Sites Websites for School Subjects of Buddhism And Morals for Junior High School Class Viii During in The Pandemic.Jurnal Pencerahan,15(1), 7-24. Sukodoyo, S. (2018). Teachers Love as a Predictor of Buddhist Students Moral Actionin Central Java. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37 (1) 15, 127-138.https://doi.org/10.21831/cp/v37i1.17855. Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya:hal 152.WinaSanjaya. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Prenada Media.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Wibowo, T. W., Widiyono, W., & Dewi, S. (2023). THE EFFECTIVENESS OF JĀTAKA PUPPET LEARNING MEDIA ON THE LEARNING INTEREST OF BUDDHIST DHAMMA METTA KALISAT SUNDAY SCHOOL STUDENTS. Jurnal Pencerahan, 16(1), 29–35. https://doi.org/10.58762/jupen.v16i01.104

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.