MINAT SISWA MAJJHIMA SEKHA MENGIKUTI KEGIATAN SEKOLAH MINGGU BUDDHA DI WIHARA DHAMMA PUTRA

Penulis

  • Mudita Wardani Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra Semarang Indonesia
  • Widiyono Widiyono Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra Semarang Indonesia
  • Sukodoyo Sukodoyo Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra Semarang Indonesia http://orcid.org/0000-0003-3342-3790

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v14i1.50

Kata Kunci:

Minat, Siswa Majjhima Sekha, Kegiatan SMB, Pendidikan Buddhis, Sekolah Minggu Buddha, Sekolah Minggu Buddhis, Sekolah Menengah Pertama, SMP, Remaja

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memberikan rekomendasi, dan masukan tentang minat siswa Majjhima Sekha mengikuti kegiatan SMB di Wihara Dhamma Putra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut diuji keabsahannya dengan ketekukan pengamatan, triangulasi, dan member check. Analisis data berdasarkan model Miles & Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan, serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada dua bentuk minat siswa Majjhima Sekha dalam mengikuti SMB, yaitu di dalam dan di luar wihara. Faktor-faktor yang memengaruhi minat siswa Majjhima Sekha mengikuti SMB bersumber dari internal dan eksternal. Faktor internal yang mendukung yaitu perasaan senang tanpa ada paksaan. Faktor eksternal, meliputi teman sebaya, guru, materi pembelajaran, dan orang tua. Dampak dari minat mengikuti SMB yaitu bertambahnya keyakinan terhadap Tri Ratna, pengetahuan tentang agama Buddha dan pengetahuan umum semakin bertambah, serta rasa percaya diri semakin meningkat. Lebih lanjut, dampak yang diperoleh siswa Majjhima Sekha secara Buddhis masuk dalam empat kekuatan batin (iddhipada) yang terdiri dari chanda, viriya, citta, dan vimaṁsā.

Referensi

Hurlock. (2002). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga. Laras dan Yumaida. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa. Artikel. Padang: Universitas Negeri Padang. Diakses Kamis, 19 Desember 2019, pukul 11.07 WIB dari https://www.academia.edu/37853526/Faktor_Yang_Mempengaruhi_Minat_Belajar_Siswa. Malalasekera. (1990). Encyclopaedia of Buddhism Volume 5. Sri Lanka: The Government of Sri Lanka. Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan: (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta. Walshe, Maurice. (1995). The Long Discourses of The Buddha: A Translation of The Dīgha Nikāya. Wisdom Publication: Boston.

Diterbitkan

2021-02-27

Cara Mengutip

Wardani, M., Widiyono, W., & Sukodoyo, S. (2021). MINAT SISWA MAJJHIMA SEKHA MENGIKUTI KEGIATAN SEKOLAH MINGGU BUDDHA DI WIHARA DHAMMA PUTRA. Jurnal Pencerahan, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.58762/jupen.v14i1.50

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.