EFFORTS TO PREVENT BULLYING BEHAVIOR THROUGH UNDERSTANDING BRAHMAVIHĀRA STUDENTS OF KERTARAJASA BUDDHIS COLLEGE

Penulis

  • Ira Febrianti Sekolah Tinggi Agama Buddha Kertarajasa

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v15i02.73

Kata Kunci:

Perundungan, Empat Kediaman Luhur, Brahmavihāra, Mahasiswa, Sekolah Tinggi Buddhis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya mencegah perilaku perundungan (bullying) melalui pemahaman Brahmavihāra mahasiswa semester II STAB Kertarajasa, Batu Tahun Akademik 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory. Sampling pada penelitian ini purposive sampling dengan menentukan 5 orang sebagai informan kunci. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada informan dengan pengalaman yang diperoleh dalam memahami dan menerapkan brahmavihāra. Analisis data yang digunakan menggunakan metode Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion). Hasil penelitian menemukan bahwa hampir semua mahasiswa STAB Kertarajasa pernah mengalami perilaku perundungan dengan berbagai manifestasinya. Dampak negatif yang dirasakan beragam mulai dari perasaan kurang percaya diri, minder, dan rasa malu yang berlebihan dari lingkungan sosial. Selain itu, ditemukan bahwa sebagian dari mereka pernah melakukan perilaku perundungan walaupun tindakan tersebut dianggap biasa dan merupakan candaan belaka. Setelah memperoleh pemahaman dan mengaplikasikan brahmavihāra secara bertahap, pola pikir mahasiswa semester II STAB Kertarajasa mulai berubah. Bahwasannya sangat penting untuk selalu memahami dan menghargai satu sama lain agar tercipta suasana harmonis. Brahmavihāra sebagai landasan dalam hidup berdampingan antar sesama dan dapat mencegah tindakan perundungan yang kerap terjadi di lingkungan sekitar.

 

Biografi Penulis

Ira Febrianti, Sekolah Tinggi Agama Buddha Kertarajasa

Kata Kunci: Perundungan, Brahmavihāra, Mahasiswa Buddhis.

Referensi

Ela Zain Zakiyah, Sahadi Humaedi, M. B. S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM, 4(2442448X),324–330. Fatmawaty, Riryn. (2017). Memahami Psikologi Remaja. Jurnal Reforma UNISLA, VI(02), 55-56. Hens, Hanry.( 2 8 / 0 4 /2019).6 Kasus Perundungan Yang Berakhir Tragis. Diakses pada tanggal 16 Februari 2022,https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3952021/6-kasus-perundungan-yang-berakhir-tragis. Kurniati, Pythag. (08/02/2020). 4 Kasus Bullying di Sejumlah Derah Dibanting ke Paving Hingga Amputasi Korban Depresi Berat. Diakses pada 16 Februari 2022,https://regional.kompas.com/read/2020/02/08/06060081/4-kasus-bullying-di-sejumlah-daerah-dibanting-ke-paving-amputasi-hingga?page=all. Legowo, E. (2000). Yang Handal dan Profesional Sehingga dapat MemberikanPelayanan Pendidikan dan Penerangan Agama Buddha yang Memadai, Namun Kenyataanya Kebutuhan Akan Tenaga. 1-8. Milles, M.B. and Huberman. (1984). Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication. Newman, Richard S dan Murray, Brian J. (2005). How Students and TeachersView the Seriousness of Peer Harassment: When Is It Appropriate toSeek Help? Journal Of Educational Psychology, 97(3), 347-365. (University of California, Riverside). Sejiwa. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: PT Grasindo. Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sukodoyo, S. (2018). Teachers Love as a Predictor of Buddhist Students Moral Action in Central Java.Jurnal Cakrawala Pendidikan,37(1). Sulisrudatin, N. (2015). Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5 (2), 57-70. Utomo, Wahyu. (2019, 28 September). Penerapan Sistem Among dan Brahmavihara Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Taman Siswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0, vol 1. Yogyakarta. Wiwit Viktoria Ulfah, Salasatun Mahmudah, & Meida, A. R. (2019). Fenomenaschool bullying yang tak berujung. Jurnal Psikologi Ilmiah, 44(12), 2–8.

Diterbitkan

2022-11-30

Cara Mengutip

Febrianti, I. (2022). EFFORTS TO PREVENT BULLYING BEHAVIOR THROUGH UNDERSTANDING BRAHMAVIHĀRA STUDENTS OF KERTARAJASA BUDDHIS COLLEGE. Jurnal Pencerahan, 15(2), 44–55. https://doi.org/10.58762/jupen.v15i02.73

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.