KONTRIBUSI NILAI-NILAI KARAKTER GANDAVYUHA SUTRA TERHADAP PROFIL PELAJAR PANCASILA

Penulis

  • Bara Andhi Kristanto Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang, Indonesia
  • Sukodoyo Sukodoyo Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang, Indonesia
  • Kustiani Kustiani Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang
  • Suranto Suranto Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra, Semarang

Kata Kunci:

Nilai-nilai Karakter, Gandavyuha Sutra, Profil Pelajar Pancasila

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lunturnya nilai-nilai karakter Pancasila dalam diri pelajar Indonesia hingga menimbulkan berbagai permasalahan. Kurangnya nilai-nilai karakter yang terkait dengan pelajar dalam Agama Buddha terutama pada Gandavyuha Sutra.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan dan kontribusi Gandavyuha Sutra terhadap profil pelajar pancasila dalam dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi studi pustaka (Syntesize checklist) yang terdiri dari sintesis pendahuluan, lanjutan, dan akhir, dengan mempertimbangkan unsur teks, konteks, dan wacana. Komponen analisis kajian ini meliputi unsur teks, konteks, dan wacana. Keterkaitan ketiga komponen ini membuat satu kesatuan yang menghasilkan kontibusi nilai-nilai karakter Gandavyuha Sutra terhadap Profil Pelajar Pancasila. Hasil penelitian ini adalah Profil Pelajar Pancasila merupakan program yang dibuat pemerintah untuk membentuk karakter pelajar dengan jiwa Pancasila. Terdapat nilai-nilai karakter dalam Gandavyuha Sutra yang terkait dengan Profil Pelajar Pancasila diantaranya yaitu nilai keyakinan, toleransi, interaksi dan peduli sosial, solidaritas sosial welas asih, tolong menolong, motivasi diri, tekad yang kuat, semangat, kebijaksanaan, serta kreativitas. Nilai karakter yang saling terkait tersebut juga memberikan kontribusi secara sifat, sikap, maupun, tindakan, sehingga dapat diterapkan ke dalam kegiatan pembelajaran sekolah seperti projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan tersebut diantaranya adalah kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan belajar mengajar, kegiatan rutinitas sekolah serta kegiatan lingkungan sekolah yang lain.

Referensi

Ānandajoti, Bhikkhu. (2019). Gandavyuha the quest for awakening (Pencarian Kecerahan): Ehipassiko Foundation.

Ardiyansyah, P., Permana, D. I., Aristina, M., & Setiyawan, I. (2020). Interpretasi Relief Gandawyuha di Candi Borobudur:(Studi Kasus Relief Gandawyuha Dinding Lorong Ii). Jurnal Konservasi Cagar Budaya, 14(2), 16-41. https://doi.org/10.33374/jurnalkonservasicagarbudaya.v14i2.243

Cleary, Thomas. (1993). The Flower Ornament Scripture. Avatamsaka Sutra Translation.

Dewi, Dinie Anggraeni & Ega Regiani. 2021. Pudarnya Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1) 12-14. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hermawan, B., Salim, U., Rohman, F., & Rahayu, M. (2016). Borobudur temple as Buddhist Pilgrimage destination in Indonesia: an analysis of factors that affect visit intention. Journal of International Buddhist Studies, 7(2).

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Badan Pengembangan dan PembinaanBahasaKemendikbudRistek.https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Kemendikbud Ristek. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2022.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Kustiani. (2019). Relief Rupadhatu Tingkat II Candi Borobudur. Laporan Penelitian. Semarang: STAB Syailendra.

Kustiani. (2021). Relief Candi Borobudur Tingkat III. Laporan Penelitian. Semarang: STAB Syailendra.

Kwee, M. G. (2012). Relational Buddhism: Wedding KJ Gergen’s relational being and Buddhism to create harmony in-between-selves. Psychological Studies, 57(2), 203-210. https://doi.org/10.1007/s12646-011-0124-8

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis penerapan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(3), 687-706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Mulyana, Deddy. (2001). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 2022. Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek.

Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(2), 76–87. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/139

Roberts, Peter Alan. (2022). The Steam Array Gandavyuha.

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Zed, Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yogyakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Kristanto, B. A., Sukodoyo, Kustiani, K., & Suranto, S. (2024). KONTRIBUSI NILAI-NILAI KARAKTER GANDAVYUHA SUTRA TERHADAP PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jurnal Pencerahan, 17(1), 45–51. Diambil dari https://syailendra.e-journal.id/jupen/article/view/131

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.