STRATEGY OF PARENTS IN ASSISTANCE OF STUDENTS LEARNING SUBJECTS OF BUDDHIST RELIGIOUS EDUCATION AND PRACTICES AT PAIT 02 SDN 02 DURING THE COVID-19 PANDEMIC

Penulis

  • Cica Mariani STAB Kertarajasa

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v15i02.94

Kata Kunci:

strategi orangtua, pendidikan agama, pembelajaran pada masa pandemi

Abstrak

Dampak pandemi Covid-19 pada sektor pendidikan salah satunya adalah mengubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Selama musim pandemi Covid-19 pembelajaran dilakukan secara online atau daring. Dalam proses pembelajaran online biasanya orangtua sering dihadapkan dengan berbagai masalah. Di samping masalah kesehatan, orangtua banyak menghadapi masalah dalam pendidikan anak selama pandemi. Pembelajaran jarak jauh menyebabkan mereka harus menjadi pengajar utama anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Proses pembelajaran pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti pada saat pandemi Covid-19 dilakukan secara online atau daring. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif serta pengambilan data menggunakan snowball sampling. Dalam penelitian ini ditemukan orangtua yang saat anak tidak dapat fokus dalam belajar menegur dengan langsung sehingga anak dapat memiliki konsentrasi kembali. Di samping itu orangtua juga membuka internet untuk membantu pembelajaran anak.

 

Referensi

Ahsani, F. (2020). Strategi Orangtua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalamPembelajaranat the Home Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Al_Athfal,3(1),37–46.

Dhammavuddho. (2019). Segenggam Daun Bodhi. Sumatera Utara. Dewan Pengurus Daerah Sumatera Utara Pemuda Theravāda Indonesia. Ega, Apriliana. (2017). Pendampingan Anak Dalam Keluarga Di Tk Pertiwi Kebasen Kabupaten Banyumas. Skripsi UNY. Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar INPRES Iligetang.Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 129-139. Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orangtua Dalam Mendampingi Anakdi Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4 (2),71-81. https://doi.org/10.30736/jce. v4i2.256. Nasution, M. I. P. (2016). Strategi pembelajaran efektif berbasis mobile learning pada sekolah dasar. IQRA': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 10(1). Rahman.(2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Galah. Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa.REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 181-204. Seaman, D. F. & Fellenz, R. A. (1989). Effective strategies of teaching adults. Colombus, Merrill Pub.co. Shochib, Moh. (2010). Pola Asuh Orangtua (Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri Sebagai Pribadi Yang Berkarakter). Jakarta: Rineka Cipta. Sukodoyo, S. (2018). Teachers Love as a Predictor of Buddhist Students Moral Action in Central Java. Jurnal Cakrawala Pendidikan,37(1). PeraturanPemerintah. Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease2019 (Covid-19).Diakses pada 20 Desember 2021 pkl. 16:45 WIB darihttps://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/135059/pp-no-21-tahun-2020. Tri Saputro Medhācitto. (2022). Aspek Sosiologi dalamSigālovāda Sutta. Kab. Semarang: Bintang Kreasi dan STAB Syailendra. Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831.https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710. Walshe, Maurice. (2009). Khotah-Khotbah Panjang Sang Buddha Dīgha Nikāya. Jakarta: Dhammacitta Press.

Diterbitkan

2022-11-30

Cara Mengutip

Mariani, C. (2022). STRATEGY OF PARENTS IN ASSISTANCE OF STUDENTS LEARNING SUBJECTS OF BUDDHIST RELIGIOUS EDUCATION AND PRACTICES AT PAIT 02 SDN 02 DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Jurnal Pencerahan, 15(2), 56–65. https://doi.org/10.58762/jupen.v15i02.94