PERAN ORANG TUA DALAM PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWA BUDDHIS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Penulis

  • Martono Martono Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra Semarang Indonesia
  • Waluyo Waluyo Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra Semarang Indonesia
  • Kustiani Kustiani Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra Semarang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v13i2.53

Kata Kunci:

Orang Tua, Kualitas Belajar, Siswa Buddhis SMP, Pendidikan Buddhis, Pendidikan Keluarga Buddhis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam peningkatan kualitas belajar siswa Buddhis Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Getasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu peran orang tua. Objek yang diteliti yaitu siswa Buddhis dalam peningkatan kualitas belajar siswa Buddhis. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diuji keabsahannya menggunakan pengamatan terus-menerus, triangulasi, dan member check. Analisis data berdasarkan model Miles & Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini meliputi tiga hal, yaitu (1) bentuk peran orang tua yaitu perhatian, kepedulian, dan motivasi; (2) dampak perhatian orang tua menjadi semangat belajar, memiliki motivasi belajar, semangat dalam meraih cita-cita, dan kepercayaan diri semakin bertambah; (3) makna perhatian dari orang tua bagi anak, yaitu terima kasih dan menjadi lebih baik.

Referensi

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Nurul Fahmi. (2019). Menjadi Ortu Milenial: Panduan Praktis Mengasuh Anak di Era Digital. Semarang: Pendar Ilmu.

Obi Faizal Aziz. (2017). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini pada Lingkungan Keluarga Studi Kasus di Dusun Kukap Desa Poncosari Kecamatan Srandakan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Prayitno. (2009). Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Padang: Grasindo.

Rahman. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.

Walshe, Maurice. (1995). The Long Discourse of The Buddha: A Translation of The Dīgha Nikāya. Wisdom Publication: Boston.

Diterbitkan

2020-11-26

Cara Mengutip

Martono, M., Waluyo, W., & Kustiani, K. (2020). PERAN ORANG TUA DALAM PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWA BUDDHIS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Pencerahan, 13(2), 55–65. https://doi.org/10.58762/jupen.v13i2.53

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.