DEVELOPMENT OF AN ANDROID-BASED SERENITY MEDITATION GUIDE FOR TEENS

Penulis

  • Sugianto Sugianto Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang, Indonesia
  • Adinda Wisetia Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang, Indonesia
  • Eka Hita Loka Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang, Indonesia
  • Metta Cris Angel Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58762/jupen.v16i2.117

Kata Kunci:

Meditasi Ketenangan, TAPA-KU, Android, Remaja

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum adanya panduan meditasi ketenangan berbasis android bagi remaja.  Tujuan  dari penelitian ini mengembangkan  aplikasi panduan meditasi ketenangan berbasis android bagi remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan   model pengembangan Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Teknik   pengumpulan   data   dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, pedoman wawancara, dan lembar validitas instrumen. Teknik keabsahan data telah mendapat validasi instrumen penilaian oleh ahli. Teknik analisis data menggunakan analisis Gregory. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi panduan meditasi ketenangan berbasis android bagi remaja (TAPA-KU). Remaja yang menggunakan aplikasi TAPA-KU dapat mengikuti panduan meditasi ketenangan dengan baik. Remaja menggunakan meditasi ketenangan sebagai media mengatasi tekanan mental. Aplikasi TAPA-KU masuk kategori baik karena nilai validasi konstruk >0,75, serta aplikasi TAPA-KU secara keseluruhan mendapatkan skor 86,65 % termasuk kategori sangat baik.

Referensi

Astuti, Diah Arum, Indri Ari Ani, Rega Juniawan, (2020). “Kaki Si Budi” (Teka Teki Silang Buddhis Berbasis Android), Laporan Pengembangan Kreativitas Mahasiswa. Tangerang: Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten. Bramantyo, H. (2015). Meditasi Buddhis: Sarana untuk Mencapai Kedamaian dan Pencerahan Batin. Jurnal Orientasi Baru, 24(1). Buddhaghosa, Bhadantácariya (201I). The Path of Purification (Visuddhimagga)(Bhikkhu Ñanamoli, Trans).Colombo: Buddhist Publication Society. Gregory, Mankiw N., (2000), Teori Ekonomi Makro(Imam Nurmawan, Trans), Edisi Keempat, Jakarta: Erlangga. Hidayati, Khoirul Bariyyah dan M.Farid. (2016). Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Jurnal Psikologi Indonesia,5(02),137-144;DOI: doi.org/10.30996/persona.v5i02.730.

Karbono, K. (2017). Pengembangan Instrumen Temperamen (Carita) Dalam Perspektif Buddhis Berdasar Kitab Visuddhimagga (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tingggi Keagamaan Buddha Indonesia. Jurnal Psikologi, 126-142.DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v13i2.3513. Lazarus, R.S & Folkman, S. (1984). Stress Appraisal And Coping. Newyork : Springer Publishing Company.Inc. Medhacitto, Tri Saputra. (2023). Buddha Dhamma sebagai Pedoman Hidup. Yogyakarta: Gama Bakti Wahana.

Nanamoli, Bodhi. (2013). Majjhima Nikaya: Khotbah-khotbah Menengah.Jakarta: DhammaCitta Press.

Purnama, I., Sukodoyo, S., & Waluyo, W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pencerahan, 15(2), 15-32. https://doi.org/10.58762/jupen.v15i02.110.

Romadhoni, Rahayu Woro dan Wiwik Widiatie. (2020). Pengaruh Terapi Mindfulness Terhadap Tingkat Stres Remaja di Panti Asuhan Al-Hasan Watugaluh Diwek Jombang. JURNAL EDUNursing, Vol. 4, No. 2, September 2020, 77 –86. Sari, S. F. (2022). Aplikasi Relaxation (Yurelax) Untuk Menjaga Kesehatan Mental Pada Remaja Berbasis Android.Jember: Politeknik Negeri Jember.

Sehati, S., Sukodoyo, S., & Waluyo, W. (2020). Development of Pop-Up Book Theory Dalhadhamma Jātaka as Lesson Media Early Childhood Education Programs.Jurnal Pencerahan,13(2), 1-17. https://doi.org/10.58762/jupen.v13i2.47.

Setyadi, D., Kustiani, K., & Sukodoyo, S. (2020). Vipassanā Meditation Meaning for Student Syailendra Buddhist College.Jurnal Pencerahan,13(1), 52-61. https://doi.org/10.58762/jupen.v13i1.35. Sugianto(2018). Pembiasaan Meditasi pada Siswa Sekolah Dasar Berciri Buddhis di Jakarta dan Tangerang. Jurnal Vijjacariya, Vol. 5 No. 1:95-105. Sugianto, S. (2019). Persepsi Umat Buddha Terhadap Kegiatan Pelatihan Meditasi di Vihara Siripada Tangerang. Vijjacarya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis, 6(1).

Sukodoyo, S. (2018). Teachers Love as a Predictor of Buddhist Students Moral Action in Central Java. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37 (1)15, 127-138.https://doi.org/10.21831/cp/v37i1.17855.

Sutanto, A., Erandaru, E., & Cahyadi, J. (2020). Perancangan Animasi Tentang Teknik Dan Manfaat Meditasi Pernapasan. Jurnal DKV Adiwarna, 1(16), 10.

Wijayanto, G., Sukodoyo, S., & Endah Ekowati, W. (2021). Development of Jātaka Puppet Videos as Learning Media for Adi Sekha Students At Adhicitta Buddhist Sunday School.Jurnal Pencerahan,14(2), 13-28. https://doi.org/10.58762/jupen.v14i2.61.

Yudhanto, Y., & Wijayanto, A. (2018).Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. Jakarta: Elex Media Komputindo. Listyo, D., Sukodoyo, S., & Waluyo, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Google Sitesuntuk Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Smp Kelas VIII pada Masa Pandemi.Jurnal Pencerahan,15(1), 7-24. https://doi.org/10.58762/jupen.v15i1.65

Diterbitkan

2023-11-29

Cara Mengutip

Sugianto, S., Wisetia, A., Loka, E. H., & Angel, M. C. (2023). DEVELOPMENT OF AN ANDROID-BASED SERENITY MEDITATION GUIDE FOR TEENS. Jurnal Pencerahan, 16(2), 50–56. https://doi.org/10.58762/jupen.v16i2.117